Assunnah.ID

Media beramal jariyah dengan dakwah sunnah

Jika Kamu Merasa Hina dan Tak Pantas Bertobat Kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala

Posted on

Kalau kamu merasa “tidak pantas” bertobat kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala, maka itu was was Setan. Itu adalah godaan setan yang datang biasanya kepada orang-orang yang mau bertobat.

Tujuannya apa? Agar kamu tidak jadi bertobat. Kamu merasa tidak pantas bersujud kepadanya, maka kamu akan menjauhi “jalan” Allah dan terus saja menjauh, sampai pada akhirnya kamu mati tanpa bertobat. Itulah trik licik Setan..

Manusia, selama nyawa masih di kandung badan (masih hidup) maka masih ada kesempatan baginya untuk bertobat.

Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

إِنَّ اللهَ يَقْبَلُ تَوْبَةَ الْعَبْدِ مَالَمْ يُغَرْغِرْ

Artinya: “Sesungguhnya Allâh menerima taubat seorang hamba selama nyawanya (ruhnya) belum sampai tenggorokan.”

– HR. Ahmad, at-Tirmidzi dan Beliau berkata hadits hasan

Ya saudaraku, Tidak perduli seberapa besar dosamu, maka Allah pasti akan menerima taubatmu. Sesungguhnya tuhanmu jauh lebih menyayangimu dari pada orang tuamu dan istrimu sendiri, bahkan Ia jauh lebih menyayangi dirimu dari pada rasa sayangmu kepada dirimu sendiri. Saking luasnya rahmat Allah dan pengampunannya, maka kamu akan dibuat menangis terharu, jika kamu mengetahui seberapa besar kasih sayang Allah kepada dirimu.

Allâh Azza wa Jalla berfirman :

قُلْ يَا عِبَادِيَ الَّذِينَ أَسْرَفُوا عَلَىٰ أَنْفُسِهِمْ لَا تَقْنَطُوا مِنْ رَحْمَةِ اللَّهِ ۚ إِنَّ اللَّهَ يَغْفِرُ الذُّنُوبَ جَمِيعًا ۚ إِنَّهُ هُوَ الْغَفُورُ الرَّحِيمُ

Katakanlah: “Hai hamba-hamba-Ku yang melampaui batas terhadap diri mereka sendiri, janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allâh. Sesungguhnya Allâh mengampuni dosa-dosa semuanya. Sesungguhnya Dia-lah Yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.

– Az-zumar/39:53

Allâh Azza wa Jalla juga berfirman:

وَمَنْ يَعْمَلْ سُوءًا أَوْ يَظْلِمْ نَفْسَهُ ثُمَّ يَسْتَغْفِرِ اللَّهَ يَجِدِ اللَّهَ غَفُورًا رَحِيمًا

“Dan barangsiapa yang mengerjakan kejahatan dan menganiaya dirinya, kemudian ia mohon ampun kepada Allâh, niscaya ia mendapati Allâh Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.”

– An-Nisa/4:110

Ya saudaraku, bertaubatlah. Dan terimalah kemurahan hati tuhanmu Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Pintu taubat selalu terbuka lebar-lebar. Dari pintu hembusan-hembusan rahmat, kelembutan dan kenikmatan keluar. Allâh Azza wa Jalla berfirman:

إِلَّا مَنْ تَابَ وَآمَنَ وَعَمِلَ صَالِحًا فَأُولَٰئِكَ يَدْخُلُونَ الْجَنَّةَ وَلَا يُظْلَمُونَ شَيْئًا ﴿٦٠﴾ جَنَّاتِ عَدْنٍ الَّتِي وَعَدَ الرَّحْمَٰنُ عِبَادَهُ بِالْغَيْبِ ۚ إِنَّهُ كَانَ وَعْدُهُ مَأْتِيًّا

“kecuali orang yang bertaubat, beriman dan beramal saleh, maka mereka itu akan masuk syurga dan tidak dianiaya (dirugikan) sedikitpun, yaitu syurga ‘Adn yang telah dijanjikan oleh Tuhan Yang Maha Pemurah kepada hamba-hamba-Nya, sekalipun (syurga itu) tidak nampak. Sesungguhnya janji Allâh itu pasti akan ditepati. ”

– Maryam / 19: 60-61

Ya Allah ya rabb-ku, jadikanlah aku sebagai hambamu yang selalu bertaubat. Dan tempatkan lah aku di sisimu yang terdekat denganmu kelak…

Rasulullah shalallahu 'alaihi wa sallam bersabda: “Sampaikanlah dariku walau hanya satu ayat” (HR. Bukhari)

Leave a Reply

Your email address will not be published.*
*
*