Assunnah.ID

Media beramal jariyah dengan dakwah sunnah

Apakah Tuhan Hanya Delusi? Inilah Bukti Allah itu Ada (Dalil Akal / Logika)

Posted on

Sebagai muslim, kami meyakini bahwa Allah itu ada. Jika ada diantara muslim yang berbuat maksiat maka kami masih bisa menasehati mereka dengan membawa ayat-ayat dalam Alquran. Namun, bagaimana dengan Atheis yang mereka menolak kebenaran Alquran?

Dalam hal ini, bisa dibilang membawa ayat-ayat Alquran untuk berhadapan dengan Atheis adalah percuma, karena mereka pasti akan menolak argumen kita. Alasannya sederhana, mereka tidak beriman pada Alquran dan tidak mempercayai kebenaran firman-firman Allah di dalamnya. Untuk itu, dibawah ini adalah salah satu dalil aqli (akal atau logika) yang membuktikan bahwa tuhan itu ada, dan bukanlah delusi.

Apakah Tuhan hanya delusi?

Kalau tuhan hanya delusi, niscaya dirimu, saya, dan yang bertanya seperti ini tidak akan ada di Bumi ini. Termasuk saya, seluruh manusia dibumi bahkan termasuk semesta alam.

Jadi begini, kalau misalkan kamu menemukan suatu benda asing. Benda ini tampak seperti dibuat dengan bentuk yang terstruktur, tapi tidak mungkin dibuat teknologi manusia sekarang ini. Didalamnya terdapat mekanisme yang sangat tidak menggambarkan kalau itu dibuat oleh alam melalui proses berjuta tahun. Ada semacam gear, chain, display, dll. Saya tidak bisa menggambarkan bentuknya, tapi anggaplah seperti ini:

apakah tuhan hanya delusi

Jika kamu menemukan benda asing tersebut, bagaimana akalmu menalarnya? Apakah benda itu dibuat oleh alam? Atau merupakan pecahan dari asteroid/meteor? Atau mungkin benda itu ada secara tiba-tiba begitu saja?

Saya tebak, anda pasti akan berfikir “benda ini pasti ada yang membuatnya“.

Pertanyaannya, siapa yang membuatnya? Kebanyakan orang berkata “alien”.

Lalu kalau kita ganti peran subjeknya (yaitu kamu) menjadi alien yang belum pernah melihat manusia, dan kita ganti objek benda asing tersebut dengan “manusia”.

Hei, kita lihat. Manusia memiliki sistem tubuh yang kompleks, dengan mekanisme yang luar biasa. Ada urat-urat, tulang, saraf, sel darah, dan mampu memperbaiki “kerusakannya” sendiri. Memiliki semacam sensor-sensor yang membuatnya bisa melihat, merekamnya di kepala, mampu menangkap gelombang suara.

Jika kamu adalah seorang “alien” dengan kecerdasan tinggi, mimimal seperti sekarang ini. Apakah kamu akan berfikir kalau benda (manusia) itu dibuat oleh alam? Atau merupakan pecahan dari asteroid/meteor? Atau mungkin benda itu ada begitu saja secara tiba-tiba?

Saya katakan, anda seharusnya berkata “benda ini pasti ada yang membuatnya“.

Saya menyebut “sesuatu” yang membuat manusia itu adalah “Allah” subhanahu wa ta’ala.

Demikian.

Rasulullah shalallahu 'alaihi wa sallam bersabda: “Sampaikanlah dariku walau hanya satu ayat” (HR. Bukhari)

Leave a Reply

Your email address will not be published.*
*
*